Ratih

Tanggal 1 februari kemaren dulu saya nonton suatu acara musik yang mengusung tema “Konser Baik Axis bersama D’Masiv”, GProduction. Karena saya lagi ngefans sama d’masiv saya, si Pop, dan beberapa teman berencana nonton bareng. Di papan iklan ditulis pukul 17.00. Saya pun datang jam 17.30, dengan maksud bukan terlambat tapi memang Cuma pengen liat d’masiv nya aja, saya lagi gak tertarik nonton band-band pembuka yang Cuma nyanyiin lagunya sendiri, susah buat nikmatinnya.

Okei anyway, setelah mendarat dengan mulus di stadion kridsono, si Pop beli tiket, harganya 20.000 termasuk kartu perdana. Saya sempet kaget, weheheh mahal juga ya. Tp gpp lah, dapet starterpack.

Truus, saya masuk stadion, ho, ternyata masih check sound, backdrop belum dipasang. Masih ada pekerja yang manjat-manjat di sekitar panggung benerin ini-itu. Oke, saya mikir, kalo yang check sound saat ini masih band pembuka, brarti d’masivnya belum check sound juga, biasanya band utama check sound 45 menit – 1 jam, hmm, mungkin mulai jam 18, ato jam 18.30 lah paling telat.

Saya dan si Pop memutuskan untuk jalan-jalan dulu, skaligus nyari tempat numpang buang air kecil di luar stadion kridosono. Sambil duduk-duduk istirahat sebentar.

Habis magrib jam 18.30 saya balik lagi ke stadion, ternyata belum mulai juga. Ngantri sebentar di pintu masuk, screening tiket, trus saya masuk di stadion. Ho ternyata belum mulai juga. Masih jingle provider yang diouter di big screen. Berkali-kali selama kurang lebih satu jam. Jam 19.30, acara belum mulai juga, saya mikir lagi, hem, ngaret lama juga ya, 2,5 jam. Dan tiba-tiba di tengah kebosanan menongkrong di tengah-tengah stadion, tiba-tiba hujan sodara-sodara, hujan deres. Walhasil si Pop yang lagi megang kamera buru-buru lari ke arah tribun, menyelamatan nyawa kameranya. Setelah ujan sekitar 20 menit, acara mulai, band pembuka main. Dengan hati agak seneng krn ujan brenti, saya pun ke tengah stadion lagi buat nonton. Daripada bengong duduk di tribun mending saya nonton band. Tapi ternyata, ujan lagi sodara-sodara. Saya pun balik lagi ke tribun dengan misuh-misuh.

Hujan gak berhenti, setelah band pembuka pertama main, saya bersiap buat nonton d’masiv di bawah guyuran hujan. Tapi ternyata, band pembuka yang lain, dan setelahnya another band pembuka. D’masivnya kapaan? Saya pengen teriak frustasi,, acara lo telat banget maaaan, ujaaaaaaan, lo gak antisipasi apa, pake pawang kek, pake cabe ama bawang ditusukin pake lidi kek, solat puasa dzikir kek, pake lampu tembak kek, band pembuka lo kebanyakan gilaaaaa, di cut kek jangan dikasi waktu main penuh, ato gimana kek. Hoh, kesel banget rasanya.

Setelah perjuangan nunggu (nunggu itu ga enak, apalagi kita udah bayar dan Cuma dapet nunggu, it’s totally SUCK), D’masiv pun naik panggung. Sekitar jam 22.15. Bawain satu album, membuat saya agak seneng sedikit. Rasa kesel yang melanda, halah, dikit-dikit mulai ilang. Ya gak ilang sama sekali lah, gimana rasanya sih nunggu acara yang ngaret, ujan dan gak jelas.

Saya sama sekali gak keberatan dengan tanah becek bikin sepatu sama celana kotor. Yang saya kecewa, suau event yang cukup besar, diadakan oleh provider yang lagi promosi habis-habisan, dan tentunya menggandeng rumah produksi, ato EO, ato apalah itu sebutannya, yang pastinya berkualitas. Tapi, ternyata acara ngaret begitu lama, hujan, dan band pembuka terlalu banyak.

Seharusnya kalo memang belum tau jam berapa mulai, jangan ditulis jam-nya doang. Tulis ‘gate open at’ ato apa gitu, biar penonton gak kecewa. Tulis juga opening act-nya siapa aja, supaya jelas. Dan klarifikasi, kenapa lo ngaret, kenapa acara lo bisa ujan (emang sih pas musim ujan, tapi lo harus bisa antisipasi ), dan kenapa band pembuka lo begitu banyak. Kok perasaan saya sewot banget ya?

Ya karena pekerjaan yang paling gak menyenankan di dunia itu menunggu, apalagi di tengah hujan dengan suasana gak enak. Itu sama sekali gak enak. We pay some money to see a good show, not a totally-suck-show.

So, kepada mas-mbak provider and promoter, jangan jadi orang yang Cuma bisa meneriakkan “karena Axis BAAAAAAIK” tapi bener-bener jadi yang baik lah biar bisa bikin acara yang baik. No offense lho.

Gak pengen kan, konser-konsernya batal teruuus? (skali lagi no offense lho :))

12 februari 2009

3 Responses
  1. Anonymous Says:

    nice post!
    suka dengan cara tulisanmu, menyenangkan dan sangat mengalir.
    ayo itu novel nya diselesaikan yaa..
    jangan lupa di thanks to nya di tulis:
    Buat "Mirza Mangku Anom yang pintar"
    hehehe...



  2. Anonymous Says:

    :D :D :D :D :D :D


Post a Comment